PUNCA DAN 10 CIRI-CIRI HORMON TIDAK SEIMBANG PADA WANITA

PUNCA DAN 10 CIRI-CIRI HORMON TIDAK SEIMBANG PADA WANITA

Ketidakseimbangan hormon adalah masalah yang sangat umum. Hal ini terjadi kerana gaya hidup dan pola pemakanan tidak sihat.

10 ciri- ciri ketidakseimbangan hormon
1- Hot flashes
Hot flashes adalah gejala menopause yang ditandai dengan rasa panas di tubuh selama dua sampai 30 menit. Wajah menjadi merah dan panas jika disentuh. Hal tersebut diakibatkan perubahan hormon, sehingga pembuluh darah melebar serta denyut jantung meningkat.

2- Berat badan naik mendadak
Jika Anda tidak makan banyak dan berolahraga secara teratur, namun berat badan Anda bertambah, hal itu boleh disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.

3- Had tidak teratur
Siklus menstruasi tergantung pada perubahan bulanan dalam hormon wanita. Jadi, jika ada perubahan hormon dalam tubuh, maka menstruasi Anda akan menjadi tidak menentu. Anda mungkin terlambat haid atau bahkan mengalami pendarahan berat akibat hiperaktivitas hormon.

4-Berpeluh 
Hormon berperanan untuk membuat Anda merasa sangat panas. Ketika hormon mulai berubah, Anda akan berpeluh lebih banyak dan merasa lelah.

5- Mudah marah
Saat hormon mulai tidak seimbang, Anda boleh menjadi mudah marah dan depresi.

6- keinginan seksual rendah 
Hormon yang tidak seimbang jelas mempengaruhi keinginan Anda. Jika gairah seksual Anda menurun tidak seperti biasanya, boleh jadi hormon Anda sedang tidak menentu.

7-Infertilitas
Jika Anda berusaha untuk hamil selama beberapa waktu namun belum mendapat hasilnya, maka Anda harus menyelidiki adakah Anda mempunyai masalah ketidakseimbangan hormon.

8-Rambut gugur
Jika Anda memiliki kadar hormon yang tinggi, pertumbuhan rambut Anda akan cepat dan tebal. Tetapi selama hormon tidak seimbang,Anda mungkin kehilangan banyak rambut.

9- Kekeringan vagina
Biasanya permukaan vagina Anda tetap basah dan terlebih pada masa subur Anda. Tetapi jika Anda menyedari bahawa vagina kering dan gatal, berkemugkinan ianya dipengaruhi oleh kadar hormon yg rendah

10- Lemah daya ingatan
Ketika mengalami gangguan hormon, memori aktif di otak anda akan gagal. Anda mudah menjadi pelupa

Popular Posts